Friday, August 3, 2018

AROMATHERAPHY MASK


AROMATHERAPHY MASK: MASKER AROMATERAPHY ANTIPOLUTAN BAGI PENGENDARA SEPEDA MOTOR SEBAGAI SOLUSI ISPA DI SURABAYA MELALUI INOVASI NANO TITANIUM DIOKSIDA (NANO TIO2)

Annisa Ulfah Pristya1)
1)Faculty of Agricultural Technology, Brawijaya University

Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi. Pertumbuhan penduduk ini berbanding lurus dengan meningkatnya pengguna kendaraan bermotor yang mengandung karbon monoksida (CO), berbagai senyawa hindrokarbon, dan partikulat debu termasuk timbal (PB) yang dapat memicu berbagai virus dan bakteri patogen berbahaya lainnya serta berkontribusi dalam 70% pencemaran udara di kota besar, hampir semua kota besar yang ada di Indonesia memiliki tingkat polusi udara yang tinggi salah satunya yaitu Surabaya. Tingginya polusi udara dapat menyebabkan tingginya penderita ISPA. Solusi yang pernah diterapkan sebelumnya yaitu solusi preventif berupa penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) yaitu masker mulut. Sayangnya solusi ini dinilai kurang efektif untuk menyaring polutan yang masuk ke dalam sistem pernafasan dan kurang efisien karena masker harus diganti secara berkala setiap 4 jam pemakaian agar fungsinya tetap efektif. Kami yang merupakan founder Nano MT Corp memberikan solusi Aromatheraphy Mask yang merupakan inovasi maker mulut tiga lapis. Lapisan terluar yaitu Spundbond colour yang dilapisi Coating Nano-TiO2 untuk mencegah partikulat berbahaya, virus dan bakteri patogen yang dibawa oleh infectious droplets di udara. Lapisan tengah masker yaitu meltbown yang dilengkapi dengan inovasi variasi aromatheraphy lokal Indonesia untuk memberikan sensasi segar dan relaksasi. Serta lapisan terdalam yaitu lapisan spundbond putih polos yang bertekstur lembut dan tidak menghambat sirkulasi udara untuk masuk ke sistem pernapasan. Nano MT Corp mendirikan industri di Kota Surabaya yang bertujuan untuk menyerap tenaga kerja dari masyarakat sekitar yang umumnya tidak memiliki pekerjaan tetap. Nano MT Corp memproduksi Aromatheraphy Mask sebanyak 3.000 lembar perbulan (prediksi bulan pertama) dengan harga jual Rp 6.000 perlembar dengan target pemasukan dari penjualan bulan pertama yaitu Rp 18.000.000,- dan keuntungan dari setiap lembarnya mencapai Rp1.600,-/perlembar.

Keywords: Aromatherapy, Hydrophobic, Mask, Nano Titanium Dioxide, Self Cleaning

No comments:

Post a Comment

CATATAN BIOAKTIF DAN SINDROM METABOLIK

SINDROM METABOLIK 1.        Obesitas menyebabkan inflamasi, hipertensi, resistensi insulin . Kemudian menyebabkan DM 2, penyakit kardi...